Motor

Komponen CVT Motor Matic, Wajib Lakukan Pengecekan Berkala

585
×

Komponen CVT Motor Matic, Wajib Lakukan Pengecekan Berkala

Share this article

Komponen CVT motor matic perlu mendapatkan pengecekan rutin. Kehadiran sepeda motor jenis matic memiliki keunikan dengan adanya CVT. Komponen tersebut memiliki fungsi seperti rantai yang menyalurkan tenaga mesin ke roda. Cara kerja komponen tersebut terbilang lebih rumit dari rantai. Sebab, di dalamnya ada banyak komponen pendukung.

Komponen CVT Motor Matic, Wajib Lakukan Pengecekan Berkala

Mengenal Komponen CVT Motor Matic yang Penting

Komponen CVT merupakan jenis sistem transmisi otomatis yang memiliki fungsi penting pada motor matic. CVT mengandalkan sistem transmisi otomatis atau roda gigi secara terpisah. Sehingga bisa memberikan perpindahan gigi secara halus, tanpa terganggu oleh perubahan kecepatan. Perlu Anda ketahui CVT memiliki beberapa komponen di dalamnya. Adapun komponen penting yang perlu dicek secara rutin, adalah sebagai berikut.

Roller

Roller merupakan salah satu komponen penting dalam CVT. Komponen ini memiliki peran yang cukup krusial. Sebab, fungsi CVT yakni sebagai pemberat komponen rumah roller atau pulley primer. Selanjutnya yang akan memudahkan rotasi perputaran pulley tersebut. Meski, pada kenyataannya komponen roller ini bisa saja mengalami kerusakan akibat kelalaian pemilik. Salah satu penyebabnya, motor terlalu lama melakukan perjalanan jarak jauh.

Kondisi roller awalnya berbentuk bulat, namun bisa berubah menjadi sedikit peyang. Hal ini bisa terjadi jika motor yang Anda gunakan berkendara secara berlebihan. Bahkan juga tidak memberikannya waktu untuk beristirahat. Untuk itu, saat Anda melakukan perjalanan jarak jauh, perlu memberikan waktu istirahat setiap 2 jam sekali.

V-belt

V-belt merupakan sebuah komponen CVT motor matic dari bahan karet khusus. Komponen ini yang berfungsi sebagai penerus putaran dari mesin menuju roda belakang. Meski terbuat dari karet, namun memiliki tekstur yang lebih keras. Komponen ini perlu Anda perhatikan kondisinya secara rutin.

Sebab, komponen ini mudah mengalami kerusakan. Misalnya seperti bagian karet v-belt yang tidak lentur serta terdapat retakan pada beberapa bagian. Jika komponen ini putus saat berkendara, Anda bisa mengalami risiko terburuk. Dengan demikian, penting bagi Anda untuk selalu memberi perhatian lebih pada v-belt.

Kampas Kopling

Bagian kampas kopling juga menjadi komponen yang tidak boleh diabaikan oleh para pengguna motor matic. Komponen ini memiliki bentuk unik seperti dengan rem tromol. Kampas kopling yang berfungsi sebagai penerus putaran. Awalnya dari poros sekunder ke arah roda.

Jika Anda berkendara dengan cara menarik gas secara kencang serta melakukan pengereman mendadak. Hal ini bisa menimbulkan kerusakan pada bagian kampas kopling. Sehingga, Anda perlu melakukan perawatan kampas kopling, meski letaknya berada di dalam sektor CVT.

Beberapa komponen CVT motor matic tersebut penting untuk dicek secara rutin. Perawatan berkala yang akan berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan motor matic Anda selama berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *