MotorTutorial

Cara Mengetahui Ban Tubeless Bocor Sendiri, Tanpa ke Bengkel

460
×

Cara Mengetahui Ban Tubeless Bocor Sendiri, Tanpa ke Bengkel

Share this article

Cara mengetahui ban tubeless bocor ternyata masih banyak orang tidak pahami. Padahal penggunanya sudah semakin marak pada motor masa kini. Jika kini Anda pengguna ban jenis ini silahkan simak pembahasan lengkapnya.

Kondisi kempes atau bocor memang tidak bisa kita pahami dengan mudah. Apalagi jika kita memang bukan orang yang memiliki pemahaman terkait kendaraan dan segala komponennya tersebut. Sebelum bocornya makin parah akan lebih baik sekarang simak saja.

Karena kami akan memberikan pembahasan secara lengkap mengenainya. Lalu bisa menghindarkan kemungkinan bocor pada kendaraan Anda tersebut secara khususnya. Sebab itulah akan lebih baik sekarang ini kita bahas secara lengkap berikut ini.

Cara Mengetahui Ban Tubeless Bocor Sendiri, Tanpa ke Bengkel

Cara Mengetahui Ban Tubeless Bocor Sendiri

Jenis ban yang terbaru dan memiliki kualitas terjamin ini memang tetap bisa mengalami bocor. Tetapi seringkali orang tidak menyadarinya, sebab itulah akan lebih baik apabila Anda yang ingin mengetahuinya bisa mencoba langkah ini.

Sehingga segera bisa membawanya ke bengkel untuk menambalnya. Mengatasi kejadian dari bocor yang makin parah juga, coba langsung langkah ini.

Cek Bagian Pentil Ban

Langkah pertama silahkan cek pada bagian pentil ban yang sering kali sudah berubah posisi. Pada bagian ini menjadi tempat yang digunakan untuk mengisi angin ban. Maka ketika terjadi bocor biasanya kondisinya sudah tidak sempurna seperti di awal.

Pentil tersebut sering kali tidak tertutup dengan benar. Lalu angin dalam ban akan keluar dan membuat bocor makin parah. Sebab itulah cek terlebih dahulu bagian yang satu ini untuk keamanannya.

Cek Permukaan Ban

Selanjutnya cek bagian permukaan ban, bisa jadi memang mengalami bocor dari benda tajam yang masuk. Meski terkenal memiliki ketebalan yang sangat baik, tetapi kemungkinan terkena benda tajam tetap ada. Mungkin jadi paku berukuran besar atau bahkan bekas dari keramik atau semacamnya.

Tusukan biasanya tidak besar, namun tetap memiliki kemungkinan dari bocornya permukaan tersebut. Sehingga akhirnya bagian tersebut membuat kita harus tetap berhati-hati ketika berkendara.

Kondisi Ban yang Sudah Aus

Cara mengetahui ban tubeless bocor yang terakhir kami sarankan adalah mengecek kondisi ban secara keseluruhan. Sering kali terjadi bahwa ban yang sudah tidak memiliki kualitas baik akan mudah rusak. Maka dari itulah ingat jadwal penggantian ban tersebut untuk ketahui bocor tidaknya.

Ban motor yang aus bisa terjadi bukan hanya mengalami kebocoran saja. Bahkan bisa jadi akan meletus ketika kita bawa berkendara dengan kondisi tersebut. Perhatikan permukaanya dan kenali ketika sudah halus kita perlu hati-hati.

Cara mengetahui ban tubeless bocor tersebut silahkan Anda coba langsung. Sehingga tidak terjadi kejadian bocor ketika sedang berada di jalanan yang bisa berpotensi membahayakan diri sendiri juga pengendara lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *