MobilTutorial

Cara Efektif Kuras Tangki Bensin Mobil untuk Mengatasi Berbagai Masalah

60
×

Cara Efektif Kuras Tangki Bensin Mobil untuk Mengatasi Berbagai Masalah

Share this article

Cara efektif kuras tangki bensin mobil menjadi salah satu hal yang wajib diketahui. Ketika menguras tangki dengan benar, maka mobil pasti akan bertahan lama.

Mengisi bensin mobil mungkin sudah menjadi hal biasa yang dilakukan sehari-hari. Namun, pernahkan Anda melakukan pengurasan tangki BBM? Memang terdengar sepele, tetapi tidak boleh sembarangan dilakukan.

Cara Efektif Kuras Tangki Bensin Mobil untuk Mengatasi Berbagai Masalah

Tahapan Cara Efektif Kuras Tangki Bensin Mobil

Salah satu cara untuk merawat mobil agar tetap prima adalah dengan menguras tangki bahan bakar. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan tangki dan terhindari dari karat atau korosi.

Sebagai pemilih mobil, Anda perlu menguras tangki BBM secara bertahap karena terkadang masalah muncul pada bagian ini. Meski menguras tangki mobil tidak termasuk ke dalam daftar pengecekan perawatan berkala, tetapi Anda tetap perlu memperhatikannya.

Sebelum itu, Anda perlu memahami bahwa desain tangki mobil adalah kedap udara. Dalam kondisi normal, BBM dalam tangki mungkin mengandung air dan dapat menyebabkan penumpukan kotoran.

Menguras tangki akan membutuhkan cara khusus. Anda perlu mengeluarkan bahan bakar di dalamnya dan menaruhnya dalam suatu wadah. Kemudian baru Anda bisa lanjut membersihkan filter serta tangki mobil.

  1. Menggunakan Mobil Hingga Bensin Hampir Habis

Strategi pertama ini cukup umum, yaitu menggunakan mobil hingga tangki bensin apabila memungkiinkan. Cara ini tentu mengurangi jumlah pemompaan dan pengurasan bensin yang perlu Anda lakukan.

  1. Membeli Sistem Penyedot

Anda dapat melakukan cara efektif kuras tangki bensin mobil dengan menggunakan sistem penyedir. Alat ini dapat ditemukan di toko alat suku cadang mobil dan pastikan bahwa penyedot cocok digunakan untuk bahan yang mudah terbakar.

  1. Masukkan Selang ke Tangki

Setelah itu, proses yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memasukkan selang penyedot. Untuk mobil baru, Anda perlu menyiapkan selang terpisah yang lebih kecil, kaku dan tidak mudah berbelit.

Paksa selang hingga masuk ke dalam penghalang, setelah itu putar, dorong, serta paksa masuk untuk mengitari komponen bola logam penghalang tangki. Apabila tidak berhasil juga, jangan dipaksakan karena bisa menyebabkan kebocoran.

Ambillah selang yang ukurannya lebih besar serta tersambung pada pompa bahan bakar. Kemudian sisipkan melalui selang yang ukurannya lebih kecil tersebut agar bisa mengeluarkan BBM.

  1. Mengeluarkan Bahan Bakar

Langkah selanjutnya adalah memompa tangki hingga keluar. Pastikan Anda sudah menyiapkan wadah untuk penampungan bensin yang ada.

Apabila sudah keluar sepenuhnya, lanjutkan service tangki yang telah kosong tersebut. Apabila ternyata bahan bakar tidak sesuai, maka Anda perlu membilas tangki dan ganti dengan bahan bakar seharusnya.

Dengan melakukan cara efektif kuras tangki bensin mobil, maka Anda pastinya akan lebih mudah menjaga kesehatan komponen tersebut. Anda dapat mengetahui apakah terjadi masalah pada tangki atau tidak. Jika iya, maka segera lakukan perbaikan agar kerusakan tidak semakin parah dan mempengaruhi komponen lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *