MotorTutorial

Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet Pemakaiannya

79
×

Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet Pemakaiannya

Share this article

Cara merawat rantai motor sangat penting untuk diperhatikan kondisinya, agar menjaga kondisi untuk dapat bekerja secara optimal. Karena memiliki fungsi yang penting dan merupakan salah satu komponen penting pada kendaran roda dua.

Perawatan yang dimaksud tentu bertujuan agar performa rantai menjadi lebih optimal dan tidak cepat menurun. Untuk itu perawatan ini dikatakan sangat penting untuk komponen ini.

Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet Pemakaiannya
Cara Merawat Rantai Motor

Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai perawatan rantai pada kendaraan bermotor, diantaranya:

Bersihkan Secara Rutin

Komponen ini bagian penting dalam sepeda motor yang mudah kotor karena sering terkena debu, lumpur juga air di jalanan. Rantai yang bersih akan menjaga bekerja dengan performa yang baik.

Maka dikatakan perlu kebersihan dan pengecekan lebih rutin untuk komponen ini. Bisa juga dengan selalu memberi pelumas lantai setelah dicuci agar sambungan mata rantai tidak mudah aus dan kering.

Gunakan Spesifikasi yang Sesuai Anjuran

Gunakan rantai asli sesuai spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrik sepeda motor. Karena pabrik telah menghitung rasio pada roda penggerak dan gigi di mesin. Perubahan ukuran rantai akan berpengaruh pada performa motor.

Beri Pelumas Khusus Rantai

Pelumas ini berfungsi agar rantai tidak mudah aus dan dapat membantu membersihkan sisa debu dan kotoran yang menempel di sela rantai. Jangan menggunakan oli bekas sebagai pelumas rantai, karena ini justru membuatnya lebih mudah kotor dan rusak.

Lakukan Penyetelan Rutin

Salah satu cara merawat rantai motor yang penting adalah memperhatikan kondisi rantai, rantai yang terlalu kendor atau tegang menimbulkan resiko terlepasnya rantai dari mata gear dan rantai akan mudah putus. Hal ini akan berpotensi pada timbulnya kecelakaan.

Mengganti Rantai Secara Berkala

Usia pemakaian rantai berbeda-beda tergantung perawatan dan cara pemakaian. Namun terkadang meski sering dilakukannya perawatan pada rantai, tetap saja ada saatnya rantai tetap harus diganti dengan yang baru.

Ganti rantai motor apabila space pengencangan rantai pada swing arm sudah habis. Juga ketika kondisi gear sudah ompong atau tidak layak.

Mencuci setelah Terkena Hujan

Ketika motor kehujanan cuci dengan melakukan penyemprotan rantai motor dengan air bersih. Hal ini adalah salah satu cara sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Apabila memiliki waktu yang lebih luang mencuci rantai dengan air sabun agar menjadi lebih bersih dan jangan lupa untuk selalu memberi pelumas setelah pencucian. Hal ini dilakukan agar mencegah terjadinya karat pada rantai.

Ganti Rantai dan Gear Bersamaan

Hal ini dikarenakan dua komponen penting itu rata-rata memiliki usia pemakaian yang sama. Jika performa motor sudah mulai menurun segera lakukan perawatan dan perbaikan untuk keduanya.

Cara merawat rantai motor di atas bisa diterapkan untuk menjaga usia pemakaian rantai agar tetap tahan lama. Jangan menunggu hingga kondisi rantai sangat buruk hingga perlu sampai ke tahap penggantian. Hal diatas juga dapat dilakukan sebagai upaya menjaga keselamatan selama berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *