BeritaMotor

Inilah Cara Merawat Motor Matik Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama

51
×

Inilah Cara Merawat Motor Matik Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama

Share this article

Cara merawat motor matik wajib anda ketahui, terutama di Indonesia pengguna sepeda motor matik makin meningkat baik perempuan maupun laki-laki.  Sehingga pasarnyapun  mengalahkan pasar motor bebek dan motor sport. Tak heran bila banyak pabrik motor yang ada di Indonesia berlomba-lomba untuk memasarkan motor matik nya.

Inilah Cara Merawat Motor Matik Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama
dok.otomotifedukasi.com

sayangnya banyak pengguna sepeda motor matik hanya bisa mengendarai motornya saja. tetap , kurang memperhatikan cara perawatanya.Jadi jika anda sebagai penggunan sepeda motor matik  ada beberapa tips yang harus diperhatiakan agar sepeda motor matik anda tetap awet dan tahan lama.

7 Cara Merawat Sepeda Motor Matik Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama

Inilaha tips merawat sepeda motor matik agar awet dan tahan lama yang harus anda ketahui. Berikut penjelasanya:

  1. Panaskan Mesin Motor Setiap Hari

Dengan memanaskan mesin setiap hari dua sampai tiga menit sebelum sepeda motor digunakan agar semua  komponen  didalam mesin dapat terlumasi oleh oli, sehingga mesin dapat bekerja secara maksimal dan mesin siap untuk digunakan.

  1. Ganti Oli Mesin Secara Berkala

Perwatan motor  matik yang satu ini hal yang paling penting untuk itu, sebagai perawatan lakukanlah sesuai dengan jadwal penggantian oli yang biasa dilakukan yaitu setiap 1000 Km dan untuk penggantian oli transmisi motor matik atau oli gardan maksimal Ketika sepeda motor sudah mencapai 5.000 Km jika acuan kilometer. Atau bisa lakukan perawatan rutin ini setiap 2 sampai 3 bulan sekali dan jangan lupa menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matik yang anda miliki.

  1. Jangan Kehabisan Bensin

Dalam menjaga dan perawatan motor matik kebiasaan buruk yang sering terjadi adalah motor matik sampai kehabisan bensin, jangan sampai motor metik kehabisan di jalan karena kehabisan bensin dapat merusak mesin motor tersebut. Terlebih pada motor matik injeksi untuk itu usahakan selalu motor matik anda jangan sampai indikatornya Fuel Meternya pada speedometer menunjukan pada E dan biasakan selalu mengecek sebelum berpergian.

  1. Periksa Kondisi V-Belt Dan Roller

Pentingnya akan memeriksa v-belt merupakan hal yang tak boleh untuk ditinggalkan bagi pemilik kendaraan motor matik. Kondisi v-belt yang mempunyai bahan terbuat dari karet di khawatirkan akan putus di tengah jalan yang mengakibatkan motor mogok ditengah jalan. Jika, sudah keharusan menggati v-belt tersebut sebaiknya gantilah menggunakan suku cadang yang original sehingga membuat motor matik lebih terjamin tentunya lebih awet.

  1. Memeriksa Kondisi Aki

Pengguna motor matik mayoritas pernah motornya mengalami mati aki, jika hal demikian terjadi tentu anda akan kehilangan power dari motor itu sendiri. selain itu juga cahaya lampu akan berkurang dan yang paling menjengkelkan jika motor matik mati adalah pada saat menghidupkan motor harus menggunakan kickstarter membuat kita lebih banyak mengeluarkan tenaga, oleh karena itu disarankan sabaiknya teman-teman harus mengganti aki dalam 7 bulan atau 8 bulan setelah penggantian terakhir.

  1. Stabilkan Kecepatan Motor

Nah,  biasanya hal ini sering dilakukan oleh pengguna motor matik yaitu Ketika berkecepatan motor dalam kondisi cepat secara tiba-tiba menurunkan gas, begitupun sebaiknya sudah gasnya secara tiba-tiba menurunkannya juga tiba-tiba, sebab tanpa disadari hal ini akan meruksak masa umur mesin dengan kecepatan yang kurang setabil tak hanya akan meruksak mesin. namun, sampai juga pada v-belt motor.

  1. Rutin Service Ke Bengkel

Sepeda motor anda rutin service ke bengkel biasanya mekanik akan melakukan reset ecu dan pembersihan sitem bahan bakar injeksi ,CVT dan lain sebaginya. Itu agar membuat sepeda motor anda tetap dalam kondisi baik.

Itulah serangkaian cara perawatan motor matik yang bisa anda lakukan agar sepeda motor matik anda tetap awet dan tahan lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *