BeritaMotor

Rangkaian Kiprok Motor, Penting untuk Sistem Kelistrikan pada Kendaraan

619
×

Rangkaian Kiprok Motor, Penting untuk Sistem Kelistrikan pada Kendaraan

Share this article

Rangkaian kiprok motor adalah bagian yang vital. Pasalnya, rangkaian pada kiprok motor tersebut berperan penting di dalam sistem kelistrikan. Dengan demikian, komponen satu ini cukup penting dan apabila terjadi kerusakan dapat mengakibatkan masalah.

Lantaran mempunyai pengaruh yang penting, pastinya Anda mesti menjaga komponen kiprok. Anda memang semestinya rutin melakukan perawatan pada komponen-komponen motor, termasuk kiprok. Hal ini bertujuan supaya keadaan motor tetap terjaga serta performanya selalu optimal.

Rangkaian Kiprok Motor, Penting untuk Sistem Kelistrikan pada Kendaraan
Kiprok Motor

Rangkaian Kiprok Motor dan Fungsinya

Menilik dari namanya, kiprok ini merupakan serapan dari bahasa Belanda. Asalnya adalah dari kata ‘Cuprum’ dan memiliki arti tembaga.

Nah, secara umum kiprok atau regulator rectifier ini adalah part (komponen) yang menangani masalah kelistrikan pada sepeda motor. Kiprok adalah komponen sepeda motor yang berfungsi sebagai penstabil arus atau regulator dan tegangan listrik yang berasal dari spul sebelum dialirkan (masuk) ke bagian aki.

Selain itu, kiprok juga berperan sebagai penyearah (rectifier) atau pengubah arus alternating current (AC) yang dihasilkan oleh spull kemudian menjadi direct current (DC) agar listrik bisa tersimpan di dalam aki.

Fungsi kiprok selanjutnya adalah sebagai penstabil arus ke lampu, dengan cara menyesuaikan kebutuhan arus lampunya agar aliran tegangan listrik yang menuju ke lampu tidak terlalu kecil atau terlalu besar sehingga mengakibatkan bohlam lampu putus atau mati.

Bagian Kiprok

Ternyata di dalam kiprok sepeda motor ini tersusun atas beberapa komponen. Berikut bagian-bagian dari rangkaian kiprok motor:

Mosfet

Komponen ini merupakan logam yang bagian permukaannya dioksidasi. Lapisan oksidasi tersebut fungsinya adalah menghambat hubungan listrik pada terminal gerbang dengan salurannya.

Diode (dioda)

Bagian ini merupakan komponen elektronika aktif yang dibuat dengan bahan semikonduktor. Fungsi dari dioda adalah untuk mengalirkan arus listrik menuju ke satu arah namun menghambat arus listrik yang berasal dari arah sebaliknya.

Dioda Zener

Komponen elektronika dari semikonduktor. Ini adalah jenis dioda dengan rancangan khusus agar bisa beroperasi pada rangkaian bias balik (reverse bias). Fungsi dioda zener yaitu untuk menstabilkan tegangan dan arus.

Resistor

Komponen dasar elektronika yang banyak dipakai di dalam rangkaian elektronik. Terbuat dari bahan isolator dan di dalamnya ada nilai sesuai dengan nilai hambatan yang diperlukan. Resistor dirancang dengan 2 kutub yang berfungsi untuk menahan arus listrik apabila di antara kedua kutubnya dialiri tegangan listrik.

Transistor

Alat semikonduktor sebagai switching (pemutus dan penyambung arus), modulasi sinyal, penguat, dan stabilisasi tegangan.

Kondensator atau kapasitor

Komponen elektronika untuk menyimpan arus atau muatan listrik dalam suatu medan listrik dengan waktu terbatas. Ya, secara fungsi hampir sama dengan baterai.

  1. Kapasitor bisa mengolah energi sehingga menjadi cahaya, sehingga Anda lebih bisa menghemat penggunaan daya listrik
  2. Sebagai konduktor untuk arus alternating current
  3. Pada arus direct current fungsi kapasitor adalah sebagai penghambat arus masuk atau isolator

Demikian fungsi dan bagian dari rangkaian kiprok motor. Untuk menghindari kerusakan, Anda perlu menjaga kiprok supaya tidak terlalu panas atau overheat. Selain itu, bersihkan kiprok secara rutin supaya tetap bersih dan berumur panjang alias awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *