MobilTutorial

Perawatan Karburator Mobil yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

249
×

Perawatan Karburator Mobil yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Share this article

Perawatan karburator mobil menjadi salah satu hal yang harus Anda lakukan. Karburator mobil harus melalui perawatan supaya tetap awet. Apabila karburator selalu Anda bersihkan dan rawat tentu kinerja mobil akan maksimal. Karburator mobil merupakan salah satu komponen yang penting dan berpengaruh pada sistem bahan bakar.

Perawatan Karburator Mobil yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah
Perawatan Karburator Mobil

Tips Perawatan Karburator Mobil yang Bisa Anda Lakukan Sendiri di Rumah

Bagi yang menggunakan mobil keluaran lama tentu tidak asing lagi dengan karburator. Namun, pada mobil keluaran terbaru karburator sudah digantikan dengan injeksi yang diatur oleh elektronik control unit atau ECU. Namun, perawatan karburator lebih kompleks daripada injeksi.

Pemeriksaan dan pembersihan harus Anda lakukan secara berkala sebagai kinerja tetap optimal. Tidak harus ke bengkel, Anda bisa melakukannya di rumah sendiri. Berikut merupakan tips merawat karburator mobil yang bisa Anda lakukan:

  1. Siapkan Alat dan Bahan Terlebih Dahulu

Tips pertama untuk merawat karburator mobil yaitu persiapkan alat terlebih dahulu. Karburator berada pada mesin mobil sehingga harus melakukan pembongkaran terlebih dahulu. Anda perlu menyiapkan peralatan untuk melakukan pembersihan. Peralatan tersebut yaitu seperti kunci 10, 12, 14, obeng plus, minus, serta karburator cleaner.

  1. Buka Bagian Rumah Filter Udara Karburator

Selanjutnya Anda bisa membuka rumah filter udara pada karburator. Gunakan kunci 10 dan 12 untuk melepas mur serta baut pada sekitar rumah filter. Sebaiknya Anda harus hati-hati dalam melakukan langkah ini.

Apabila tidak hati-hati bisa menyebabkan baut menjadi slek atau patah. Putar baut secara perlahan sampai terlepas semua.

  1. Buka Bagian Baut Drain Depan Body Karburator

Tips merawat karburator mobil selanjutnya yaitu dengan membuka baut drain pada bagian depan body karburator. Baut train berperan sebagai baut penutup dalam karburator. Anda bisa menggunakan kunci yang memiliki ukuran sekitar 14 mm untuk membuka baut drain tersebut.

Setelah berhasil terbuka, semprot semua bagian komponen karburator download drain menggunakan karburator cleaner. Saat melakukan penyemprotan dengan karburator cleaner, pastikan sudah tidak ada kotoran lagi pada sela-sela karburator.

  1. Atur Angin yang Masuk dalam Karburator

Tips perawatan karburator mobil selanjutnya yaitu mengatur setelan angin yang masuk dalam karburator mobil. Pasang kembali baut pada karburator mobil dengan benar. Setelah itu, atur setelan angin sehingga menjadi langsam. Langsam merupakan kondisi mesin dalam keadaan hidup namun belum beroperasi.

Anda bisa melakukan putaran angin sekitar 1.5 kali putaran. Selanjutnya tutup dengan menggunakan telapak tangan beberapa kali. Hal itu bisa Anda lakukan supaya kotoran yang tersisa dalam karburator keluar.

  1. Semprot Karburator Menggunakan Carburator Cleaner

Langkah perawatan karburator terakhir yaitu dengan menyemprot karburator menggunakan carburator cleaner. Hal ini mungkin bisa membuat putaran mesin turun atau bahkan bisa mati. Anda bisa membuka skep gas dan hidupkan mesin kembali. Apabila karburator mobil sudah bersih, Anda bisa menyetel setelan angin kembali supaya mendapatkan putaran mesin stabil.

Nah, itu tadi ulasan tentang tips perawatan karburator mobil. Supaya mobil menjadi semakin baik kinerjanya, Anda bisa melakukan perawatan rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *