BeritaMobil

Komponen Karburator Mobil dan Berbagai Fungsi Pentingnya

110
×

Komponen Karburator Mobil dan Berbagai Fungsi Pentingnya

Share this article

Komponen karburator mobil memiliki fungsi penting terhadap berjalannya kendaraan. Karburator mobil terdiri dari berbagai komponen yang menjadi satu sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Apabila karburator mobil rusak tentu kinerja kendaraan tidak bisa maksimal.

Komponen Karburator Mobil dan Berbagai Fungsi Pentingnya
Komponen Karburator Mobil

Berbagai Komponen Karburator Mobil dan Fungsinya dalam Sistem Pengabutan

Karburator merupakan komponen yang terdapat pada mesin bensin. Komponen ini bisa mencampurkan udara dengan bahan bakar melalui perbandingan tertentu supaya bisa mengalirkan pada silinder dengan jumlah sesuai kebutuhan.

Tugas utama dari komponen ini yaitu untuk melakukan sistem pengabutan. Karburator mobil terdiri dari beberapa komponen memiliki fungsi masing-masing seperti berikut ini:

Komponen Float Chamber

Posisi float chamber yaitu berada pada kepala silinder. Float chamber atau ruang bakar merupakan komponen yang berfungsi sebagai ruang pembakaran. Komponen ini juga bisa mencampurkan bahan bakar dengan udara hasil dari kompresor torak yang ada pada silinder.

Komponen Floater

Floater merupakan pelampung yang bekerja ketika bahan bakar rendah atau tinggi. Tetapi, komponen pelampung tidak akan bekerja apabila bahan bakar terlalu banyak. Dengan adanya floater kondisi bahan bakar akan tetap stabil.

Komponen Choke Valve

Coke valve merupakan komponen karburator yang berfungsi untuk menambah kenyamanan ketika berkendara. Komponen karburator ini bisa menambah campuran dalam bahan bakar sebuah mobil.

Komponen Throttle Valve

Throttle valve merupakan komponen  karburator yang memiliki fungsi untuk mengatur besar kecilnya campuran udara yang masuk dalam ruang bakar. Komponen ini bekerja secara beriringan dengan komponen main jet.

Komponen Main Jet

Main jet merupakan komponen karburator yang memiliki fungsi untuk mengontrol pasukan bahan bakar dalam ruang pembakaran. Komponen  ini juga bisa sebagai jarum skep karena ukurannya kecil dan mirip seperti jarum.

Komponen Jet Needle

Jet needle memiliki bentuk seperti jarum yang ujungnya lancip. Fungsi dari komponen ini yaitu untuk mengatur debit bahan bakar yang masuk dari karburator kedalam ruang pembakaran.

Komponen Slow Jet

Slow jet merupakan Komponen yang memiliki fungsi untuk mengatur suplai bahan bakar dan udara bersih saat mobil dalam posisi idle. Hal ini bisa membuat kinerja kendaraan kembali normal.

Komponen Main Nozzle

Main nozzle memiliki fungsi sebagai bahan pemancar utama dari bahan bakar kendaraan. Tinggi main nozzle ini sekilas sama dengan permukaan bahan bakar yang terdapat dalam bak pelampung.

Komponen Venturi

Venturi merupakan komponen karburator yang memiliki fungsi untuk membuat kesempatan dari aliran udara meninggi. Cara membuat kecepatan mobil lebih cepat dan berbeda dari mobil lainnya.

Komponen Piston Valve Screw dan Pilot Screw

Piston valve screw dan pilot screw merupakan Komponen karburator yang memiliki fungsi untuk mengatur besar kecilnya saluran venturi. Selain itu, komponen ini juga bisa mengatur bahan bakar yang masuk dalam mesin silinder.

Komponen Idle Jet

Idle jet merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk mengalirkan udara setelah tersaring dari filter ke intake manifold. Penyaringan udara ini tidak melalui bagian katup gas.

Nah, itu dia ulasan tentang berbagai komponen karburator mobil dan fungsinya. Berbagai komponen karburator pada mobil tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri yang penting dalam sistem pengabutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *