BeritaMobil

Jenis Muffler Knalpot Mobil Berdasarkan Bahan Baku dan Konstruksinya

113
×

Jenis Muffler Knalpot Mobil Berdasarkan Bahan Baku dan Konstruksinya

Share this article

Knalpot merupakan salah satu bagian yang penting pada mobil. Saat menjalankan fungsinya, knalpot mobil memiliki enam komponen. Salah satunya adalah muffler knalpot mobil.

Jenis Muffler Knalpot Mobil Berdasarkan Bahan Baku dan Konstruksinya
Muffler Knalpot Mobil

Mengenal Muffler Knalpot Mobil

Muffler merupakan salah satu komponen knalpot yang memiliki fungsi hampir sama dengan resonator, yakni mampu meredam suara ledakan gas yang keluar dari knalpot. Sedangkan fungsi utamanya, sebagai peredam suara saat knalpot mengeluarkan gas buang.

Berkat adanya muffler, bunyi knalpot tidak terlalu nyaring, sehingga tidak mengganggu pengendara lain. Jika dilihat, muffler memiliki bentuk seperti tabung dengan ukuran yang cukup besar.

Anda bisa melihatnya pada bagian belakang knalpot. Setidaknya, ada dua jenis muffler knalpot yang bisa diketahui, yakni berdasarkan bahan bakunya dan konstruksi pembuatannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pemaparan selengkapnya.

Jenis Muffler Knalpot Mobil Berdasarkan Bahan Bakunya

Muffler memiliki material yang berbeda-beda. Ada empat jenis muffler berdasarkan bahan bakunya.

Pertama adalah galvanis. Galvanis merupakan muffler yang terbuat dari bahan baku galvanis dan anti karat. Umumnya, muffler ini memiliki bobot yang cukup berat.

Selain itu, ada stainless dan aluminium. Muffler yang terbuat dari stainless dan aluminium memiliki bobot yang lebih ringan.

Namun, untuk daya tahan terhadap karat, galvanis jauh lebih unggul. Biasanya, muffler stainless dan aluminium banyak digunakan untuk knalpot racing.

Selanjutnya ada muffler titanium. Titanium merupakan bahan baku yang sering digunakan untuk membuat muffler karena memiliki sifat anti karat.

Kelebihan lainnya, memiliki bobot yang ringan dan kuat terhadap paparan suhu panas. Tak mengherankan, jika muffler titanium ini lebih awet dan tahan lama.

Muffler juga terbuat dari carbon. Bahan baku carbonnya ini dapat membuat kinerja knalpot menjadi lebih maksimal. Akan tetapi, untuk membeli muffler carbon, Anda harus merogoh kocek cukup dalam.

Jenis Muffler Knalpot Mobil Berdasarkan Konstruksi Pembuatannya

Muffler knalpot berdasarkan konstruksi pembuatannya ini terdiri dari empat jenis. Salah satunya adalah muffler standar pabrikan dengan saluran pipa masuk dan pipa buang yang berfungsi untuk sirkulasi gas buang.

Kemudian, muffler straight flow, yakni muffler dengan saluran pipa yang berbentuk lurus dan memiliki lubang pada sekeliling salurannya. Pada saluran tersebut, dapat berfungsi untuk meredam suara.

Biasanya jenis muffler ini digunakan untuk knalpot racing dan sport. Ada pula muffler resonance chamber yang mempunyai banyak ruangan dan berlubang-lubang.

Umumnya, muffler ini berfungsi untuk ekspansi gas. Terakhir adalah muffler baffle silencer. Jenis muffler ini mempunyai tabungan dengan banyak ruangan zig zag dan berfungsi untuk meminimalkan suara maupun emisi gas buang.

Itulah tadi informasi seputar muffler knalpot mobil, dari penjelasan, fungsi, hingga jenis-jenisnya. Melalui referensi inilah, Anda tidak akan salah lagi dalam memilih dan menggunakan muffler knalpot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *