BeritaMobil

Suspensi Mobil adalah Komponen yang Memberikan Kenyaman

127
×

Suspensi Mobil adalah Komponen yang Memberikan Kenyaman

Share this article

Suspensi mobil menjadi salah satu komponen penting dalam kendaraan. Komponen mobil tersebut memiliki fungsi yang berpengaruh dalam keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Suspensi berfungsi untuk meredam tekanan yang dihasilkan dari permukaan jalan yang tidak rata atau berlubang.

Suspensi akan bergerak ke atas dan ke bawah untuk meredam getaran. Sehingga getaran tersebut tidak akan terasa sampai kabin mobil. Tidak hanya itu, suspensi juga berfungsi sebagai penyeimbang dan penumpang body mobil supaya tetap baik saat diam maupun sedang maju.

Suspensi Mobil adalah Komponen yang Memberikan Kenyaman
Suspensi Mobil (dok. https//otomotifedukasi.com)

Suspensi Mobil adalah Komponen yang Bisa Memberikan Kenyamanan dan Keamanan Saat Berkendara

Jalanan tidak akan selalu mulus dan rata, tetapi juga ada jalanan yang berlubang dan bergelombang. Tentu mobil akan menghadapi jalanan yang bergelombang dan tidak rata. Dengan hadirnya suspensi bisa membuat pengemudi tenang dan aman saat melewati jalan berlubang atau tidak rata.

Tanpa adanya suspensi setiap melewati jalanan yang tidak rata pasti Anda akan merasakan guncangan hebat. Maka dari itu suspensi menjadi salah satu komponen yang penting dalam mobil. Hadirnya komponen mobil tersebut bisa menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Cara Kerja Komponen Suspensi

Suspensi mobil terletak di antara body dan roda. Komponen tersebut juga menjadi penghubung antara body dan roda mobil. Suspensi memiliki beberapa komponen penyusun yang bisa menjalankan fungsinya. Berikut merupakan cara kerja masing-masing komponen suspensi:

1. Komponen Pegas

Suspensi menggunakan pegas sebagai komponen utama yang berfungsi untuk menyerap berbagai getaran dari mobil. Pegas dalam komponen tersebut terdiri dari 4 tipe. Berbagai tipe tersebut yaitu seperti pegas daun, pegas torsi, pegas koil, dan pegas udara. Setiap mobil akan memiliki tipe pegas yang berbeda sesuai dengan jenisnya.

2. Komponen Lengan Suspensi

Lengan suspensi menjadi salah satu komponen penyusun suspensi. Dengan suspensi akan bekerja sebagai penghubung antara chasis dan roda mobil. Saat mobil melewati jalan yang tidak rata, maka lengan suspensi akan membantu menggerakkan roda ke atas dan ke bawah sesuai dengan tekanan.

3. Komponen Shock Absorber

Shock absorber berfungsi untuk meredam guncangan atau gerakan tiba-tiba yang mobil terima. Komponen suspensi ini membantu pegas untuk meredam oskilasi saat mobil bergerak naik turun. Mobil yang bergerak naik turun ini tentu bisa membuat para penumpang tidak nyaman. Dengan adanya shock absorber bisa membuat penumpang dalam mobil menjadi nyaman dan aman.

4. Komponen Stabilizer

Komponen dalam suspensi selanjutnya yaitu stabilizer. Stabilizer berfungsi untuk membantu menyeimbangkan mobil supaya tetap dalam posisi yang stabil. Komponen ini tidak hanya bisa membuat mobil seimbang saat mengalami guncangan saja. Tetapi, bisa membuat mobil dalam posisi stabil saat sedang berbelok.

Suspensi mobil adalah komponen berfungsi penting dalam kendaraan. Dengan adanya suspensi pengemudi dan penumpang bisa lebih nyaman dan aman saat melewati jalan yang tidak rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *