BeritaMobil

Mari Mengenal Sejumlah Fungsi Cylinder Head Pada Mesin Mobil

136
×

Mari Mengenal Sejumlah Fungsi Cylinder Head Pada Mesin Mobil

Share this article

Perlu kamu ketahui, sebenarnya fungsi cylinder head atau biasa disebut kepala silinder ini tentunya cukup beragam. Cylinder head ini menjadi salah satu komponen utama yang ada di mesin mobil.

Posisi kepala silinder ini terletak di dalam blok silinder yang kemudian diikat dengan menggunakan baut. Tak hanya itu saja, komponen ini tentunya juga tahan panas serta tekanan tinggi selama mesin mobil bekerja. Pada umumnya, bahan yang digunakan dalam pembuatan cylinder head ada dua macam, yakni besi tuang serta paduan aluminium.

Mari Mengenal Sejumlah Fungsi Cylinder Head Pada Mesin Mobil

Lantas, apa saja fungsi dari komponen cylinder head ini? Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih dalam mengenai komponen mesin mobil yang satu ini, silahkan simak terus penjelasannya berikut.

Sejumlah Fungsi Cylinder Head (Kepala Silinder)

Seperti yang sudah dijelaskan, cylinder head ini mempunyai peran penting dalam komponen mesin mobil. Komponen yang satu ini juga menjadi bagian dalam blok silinder pada mobil. Karena mempunyai peran penting, tentunya cylinder head ini juga memiliki fungsi yang beragam, diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Tempat Untuk Pemasangan Busi

Cylinder head ini mempunyai dudukan khusus untuk busi yang nantinya akan dipasang. Sehingga sebagian tubuh busi ini dimasukkan di dalam ruang pembakaran. Bagian busi tersebut akan memicu api di dalam ruang pembakaran sampai prosesnya menghasilkan tenaga untuk mobil.

  1. Tempat Pembakaran Mesin

Fungsi cylinder head berikutnya yaitu dijadikan tempat pembakaran mesin. Di dalam komponen tersebut sudah tersedia ruang untuk membakar campuran udara serta bahan bakar.

Nah, proses pembakaran tersebut akan berhasil ketika campuran bahan bakarnya sudah menjadi padat serta terkompresi hingga piston sudah mencapai titik mati. Setelah itu, maka piston akan otomatis terdorong ke bawah.

Untuk ruang pembakaran di dalam komponen kepala silinder ini dibedakan menjadi 3 bentuk. Diantaranya yaitu segitiga siku-siku dengan model wedge, lalu segitiga sama kaki untuk model pent roof, serta parabola untuk model hemispheric.

  1. Tempat Kerja Oli Pelumas

Di dalam komponen cylinder head (kepala silinder) ini juga mempunyai barisan untuk saluran oli yang mengalirkan cairannya ke poma. Sehingga, hal tersebut akan membantu komponen-komponen katup pada kepala silinder dapat terlumasi dengan sempurna. Selain itu, proses gesekan yang terjadi pun juga lebih terminimalisir.

  1. Ruang Untuk Mekanisme Katup

Fungsi cylinder head berikutnya yaitu bermanfaat sebagai ruang untuk mekanisme katup. Dimana, komponen mekanisme katup ini menjadi sistem pengatur waktu dalam kerja katup terbuka serta tertutup.

Mekanisme katup yang terletak di kepala silinder yaitu seperti camshaft (poros penghubung) dan rocker shaft yang akan memberi dorongan penekanan katup. Selain itu juga terdapat valve intake dan valve exhaust, serta juga pegas pengontrol katup.

  1. Ruang Sirkulasi Air Pendingin

Cylinder head ini juga menjadi ruang untuk sirkulasi air pendingin pada mesin mobil. Hal tersebut sangat dibutuhkan supaya dapat mengantisipasi terjadinya overheat yang disebabkan oleh suhu mesin panas. Untuk air pendingin yang terletak di kepala silinder ini akan bersirkulasi melalui water jacket.

  1. Untuk Jalur Intake dan Exhaust

Cylinder head ini juga sebagai saluran intake dan exhaust pada mesin mobil. Saluran intake merupakan kanal masuk udara menuju ke dalam ruang bakar yang sudah diatur oleh valve intake. Sementara saluran exhaust menjadi kanal pembuangan asap dari sisa pembakaran yang telah diatur valve exhaust.

Jadi, itulah sejumlah fungsi cylinder head atau biasa disebut kepala silinder pada mesin mobil. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, komponen yang satu ini mempunyai peran penting yang ada di dalam mesin mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *