MobilTutorial

Cara Mengganti Oli Gardan Mobil Mudah Diterapkan di Rumah

289
×

Cara Mengganti Oli Gardan Mobil Mudah Diterapkan di Rumah

Share this article

Cara mengganti oli gardan mobil begitu simpel dan praktis. Oli gardan juga harus diganti secara berkala. Menariknya, Anda bisa melakukan sendiri di rumah.

Getaran mesin mobil terasa begitu kencang? Atau mesin mobil tiba-tiba saja mengeluarkan bunyi kasar? Sudah tiba waktunya mengganti oli gardan.

Cara Mengganti Oli Gardan Mobil Mudah Diterapkan di Rumah

Cara Mengganti Oli Gardan Mobil yang Benar Agar Performa Maksimal

Tidak semua orang memiliki waktu berkunjung ke bengkel guna perawatan mobil. Sekalinya memiliki waktu libur, bengkel langganan justru tidak membuka pelayanan. Padahal sudah tiba waktunya mengganti oli gardan mobil.

Jika menunda waktu penggantian oli dikhawatirkan akan merusak gear dan komponen gardan. Bila hal ini sampai terjadi, maka Anda harus rela kehilangan banyak uang untuk membeli komponen yang baru.

Jika sering mengalami hal semacam ini, kini penting bagi Anda untuk melakukan ganti oli secara mandiri. Jadi, tinggal menyesuaikan waktu senggang saja. Bila baru pertama kali melakukannya sendiri dan masih bingung, silakan mengikuti panduan berikut ini.

Buang Oli yang Tidak Terpakai

Karena wadah penampungan oli terletak pada bagian bawah mobil, maka angkatlah mobil setinggi mungkin. Nantinya Anda akan melihat 2 buah lubang yang berbeda fungsinya. Yang satu merupakan lubang pengisian sedangkan lubang yang lain adalah lubang sebagai jalur pembuangan oli gardan.

Untuk membuang oli, silahkan membuka saluran pembuangannya. Gunakan ember atau kaleng untuk menampung limbah oli tersebut.

Tunggu Hingga Oli Terkuras Habis

Selanjutnya, copot bagian drain plug untuk mempercepat proses pengurasan oli yang berasal dari lubang pembuangan. Biarkan oli keluar seluruhnya. Lepaskan pula seal yang berasal dari filter oli lama kemudian.  

Pasang Kembali Filter Oli

Cara mengganti oli gardan mobil selanjutnya adalah memasang kembali filter oli beserta drain plug-nya. Pasang 2 komponen tersebut dengan benar. Tidak disarankan memasang drain plug terlalu kencang karena akan menimbulkan kerusakan.

Pasang juga filter oli-nya. Namun sebelumnya, silahkan melumasi seal supaya nantinya filter terpasang sempurna.

Isi Ulang Oli

Kini tiba saatnya pada proses pengisian ulang oli. Untuk itu, silahkan membuka lubang pengisian oli. Gunakan corong agar oli tidak belepotan mengotori apapun yang ada di sekitarnya. Isilah sesuai standar yang dianjurkan.

Cek Takaran Oli Apakah Sudah Sesuai

Selain cara mengganti oli, ada baiknya juga paham bagaimana cara cek takaran oli agar sesuai. Yang harus Anda lakukan adalah menyalakan mobil dan membiarkan mesin tetap menyala selama 3 hingga 5 menit.

Cek apakah takaran oli telah pas dengan menggunakan dipstick. Bila sudah, lanjutkan dengan menutup lubang pengisian.

Ternyata mudah sekali bukan bagaimana cara mengganti oli gardan mobil seperti ulasan tadi?  Hal paling penting adalah pastikan Anda memilih oli yang tepat dengan mesin mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *