MotorTutorial

Cara merawat CVT motor matic dengan Mudah

361
×

Cara merawat CVT motor matic dengan Mudah

Share this article

Bagi anda yang memiliki sepeda motor matic perlu anda ketahui bagai mana cara merawat CVT motor matic yang baik dan benar.

Continously Variable Trasmision (CVT) merupakan sistem transmisi yang digunakan pada sepeda motor matic. Dimana perbandingan dan sistem perpindahan giginya dilakukan secara otomatis tanpa adanya langkah-langkah perpidahan gigi atau kejutan perpindahan gigi.

Cara merawat CVT motor matic dengan Mudah

Tips Cara Merawat CVT Motor Matic Honda Beat

Didalam CVT terdapat beberapa komponen peting yang wajib di rawat secara berkala sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrikan, agar komponen CVT bekerja secara maksimal. Inilah komponen CVT yang perlu dirawat secara berkala:

Roller

Roller yang berfungsi untuk mendorong movable drive face kearah luar sehingga diameter pulley menjadi besar,  besar kecilnya  diameter pulley dipengaruhi oleh putaran mesin. Periksa  roller dari keausan, jika roller sudah aus maka, roller akan sulit untuk mendorong movable drive face. Untuk memperbaikinya bisa anda lakukan dengan cara mengamplas roller sampai roller bulat Kembali. Jika sudah melebihi batas sevicenya maka bisa menggantinya dengan roller yang baru.

Slide Pieace

Berfungsi untuk mengurangi keausan dan benturan secara langsung antara drive plate dan movable drive pace. periksa slide pieace ini dari keausan atau longgar, jika sudah longgar bisa anda akalin dengan cara mengganjalnya dengan kain jeans atau bisa menggantinya dengan yang baru

Pulley

Pulley ini Berfungsi sebagai pemidah kecepatan sesuai dengan putaran mesin yang bekerja secara otomatis dengan menggunakan V-belt sebagai penghubungkan putaran anatar kedua pulley. Periksa pulley secara visual dari keausan ganti nika diperlukan.

V belt

V-belt berfungsi untuk menghubungkan putaran antara drive pulley dengan driven pulley. Periksa v-belt ini dari keausan dan retakan-retakan pada bagian dalam v-belt ganti jika perlukan.

Kampas otomatis

Kampas otomatis berfungsi untuk menghubungkan dan memutus putaran dari mesin  ke ke roda belakang dengan gaya centrifugal. Periksa ketebalan kampas otomatis menggunakan alat ukur, jika ketebalan kampas kurang dari 2,0 mm maka kampas otomatis harus diganti dengan yang baru.

Rumah Kopling Otomatis

Rumah kopling otomatis berfungsi untuk menerima putaran dari kampas otomatis yang selanjutnya diteruskan hingga ke roda belakang. Periksa diameter dalam rumah kopling otomatis menggunakan alat ukur, jika hasil ukur melebihi 112,5mm unutk motor honda beat maka ganti dengan yang baru.

Itulah merawat CVT motor matic tidak lah sulit ini bisa anda lakukan di rumah tanpa harus membawanya kebengkel. Tetapi, jika ragu bawahlah motor anda ke bengkel kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *