MotorTutorial

Cara Membersihkan Speedometer Motor, Cukup Andalkan Oli Bekas

215
×

Cara Membersihkan Speedometer Motor, Cukup Andalkan Oli Bekas

Share this article

Cara membersihkan speedometer motor dibutuhkan tatkala tampilan kacanya buram. Selain cara membersihkan bodi, bagaimana agar speedometer motor tetap kinclong juga penting.

Letak speedometer motor tak sama dengan mobil yang terletak di interiornya. Tak heran apabila kaca speedometer motor lebih cepat kotor atau bahkan retak. Lantas, bisakah membuatnya kinclong kembali tanpa harus menggantinya dengan yang baru? Tentu bisa.

Cara Membersihkan Speedometer Motor, Cukup Andalkan Oli Bekas

Cara Membersihkan Speedometer Motor Agar Tidak Buram

Speedometer memiliki fungsi utama sebagai media untuk memantau masih ada atau tidaknya bahan bakar di dalam tangki motor. Ini menjadikan pengguna motor tidak perlu ribet membuka tangki untuk melakukan pengecekan.

Umumnya, material kaca speedometer adalah plastik mika. Seringnya memakai motor menjadikan mika speedometer cepat kotor. Alhasil pengguna kesulitan mengetahui kapasitas bahan bakar.

Daripada membeli, lebih baik ikuti panduan mudah bagaimana membersihkannya dalam ulasan berikut.

Sediakan Oli Baru Atau Bekas

Ternyata bahan untuk membersihkan speedometer hanyalah oli. Jadi, tidak perlu mengeluarkan budget khusus untuk membelinya. Tinggal menyisakan saja dari oli mesin yang Anda beli.

Selain oli baru, Anda juga bisa memanfaatkan oli bekas. Asalkan oli belum terkontaminasi pasir atau partikel logam lain, sehingga tidak memperparah kaca speedometer ketika membersihkannya. Siapkan juga kain lembut yang bersih sebelum mulai tahap membersihkan.

Oleskan Oli ke Kaca Speedometer

Tahapan cara membersihkan speedometer motor selanjutnya adalah mengaplikasikan oli ke bagian kaca. Usahakan mengoleskan merata ke seluruh permukaan kaca tanpa kecuali.

Ulangi tahap pengaplikasian ini 2 hingga 3 kali. Oleskan dengan sikat gigi bekas.

Diamkan Beberapa Saat

Setelah itu, biarkan oli menyerap sempurna ke dalam pori-pori kaca mika selama beberapa saat. Lebih lama akan semakin baik. Durasi waktunya sekitar 20 menit hingga 2 jam.

Bersihkan dengan Kain Lembut atau Tisu

Setelah membiarkan oli menempel di kaca mika beberapa saat, lanjutkan dengan membersihkannya menggunakan lap atau tisu. Tekniknya adalah dengan gerakan mengusap searah jarum jam. Lakukan tahap ini hingga kaca speedometer benar-benar kembali kinclong.

Lakukan Rutin

Sama halnya dengan mengganti oli, lakukan proses membersihkan speedometer motor minimal sebulan sekali. Dengan demikian, tampilan kaca selalu bersih. Budget yang tadi untuk membeli speedometer baru bisa Anda alokasikan untuk biaya service rutin.

Hal-hal yang Membuat Kaca Speedometer Retak

Paparan sinar matahari menjadi penyebab kaca speedometer retak. Supaya kaca speedometer awet, sebaiknya selalu meletakkan motor di tempat teduh sehingga terhindar dari sinar matahari langsung.

Bila kaca speedometer telah menampakkan retak ringan, maka tak boleh mengabaikannya. Nekat membiarkan kondisi ini terlalu lama maka berpotensi menyebabkan kaca mika pecah.

Terapkan cara membersihkan speedometer motor seperti ulasan tadi supaya kembali kinclong. Bersihkan juga bagian bodi secara rutin sehingga semakin percaya diri mengendarainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *