MotorTutorial

Simpel dan Murah, Begini Cara Merawat Vespa Matic, Mulai Nol Rupiah

486
×

Simpel dan Murah, Begini Cara Merawat Vespa Matic, Mulai Nol Rupiah

Share this article

Cara merawat vespa matic sebenarnya simpel. Sama seperti cara merawat jenis motor lain, pada vespa matic juga hampir tak perlu menggunakan peralatan khusus.

Yang namanya kendaraan pasti memerlukan perawatan, baik luar maupun dalam. Ini berlaku jika Anda peduli akan kesehatan vespa matic. Terlebih apabila sering menggunakannya.

Simpel dan Murah, Begini Cara Merawat Vespa Matic, Mulai Nol Rupiah

Cara Merawat Vespa Matic yang Paling Simpel

Meski kendaraan legendaris, vespa matic tetap menempati hati pecinta otomotif. Apalagi sekarang desain vespa lebih kekinian, sehingga tampilannya trendy dan sesuai dengan selera kawula muda.

Perawatan kendaraan menjadi hal terpenting dan tidak boleh dilewatkan. Selain service rutin, perawatan sederhana yang bisa Anda terapkan di rumah meliputi beberapa hal berikut ini.

Tak pernah Lupa Memanaskan Mesin Sebelum Memakainya

Anggap saja memanaskan vespa matic sebelum digunakan adalah ritual wajib. Lakukan hal ini setiap pagi sebelum menggunakannya.

Waktu pemanasan sekitar 5 menit saja sudah cukup untuk membuat oli mesin bersirkulasi sempurna. Ini juga menjadi langkah terbaik mencegah komponen terdalam mesin menjadi karatan.

Rutin Ganti Oli

Komponen-komponen mesin motor vespa matic membutuhkan pelumas supaya performa mesin tetap maksimal. Pergerakan antar komponen mesin pun menjadi lebih lancar karena minim gesekan.

Rutin mengganti oli adalah cara agar mesin motor panjang umur dan tetap prima. Terlebih jika motor sering digunakan, Anda tak boleh mengabaikannya.

Cek Air Radiator

Selain oli, tak boleh lupa juga mengganti air radiator. Air radiator vespa matic bertugas mendinginkan mesin. Jadi, bisakah Anda bayangkan apa yang terjadi jika kehabisan air radiator?

Bila hal ini terjadi, maka akan terjadi overheat mesin. Bila kondisi ini berlangsung cukup lama, maka akan memperparah mesin motor.

Salah satu komponen yang rusak akibat overheat adalah LCD. Padahal harga LCD cukup mahal. Lebih baik rutin mengisi air radiator daripada membuang uang untuk membeli LCD atau komponen motor lain yang rusak akibat mesin panas.

Cek Kondisi Ban

Ban juga menjadi salah satu bagian penting yang tidak boleh diabaikan. Cara merawat ban vespa matic sama seperti motor lain pada umumnya. Cukup lakukan pengecekan tekanan ban secara rutin.

Bila memungkinkan, isi ban dengan Nitrogen, sehingga tekanan ban tetap stabil. Kedepannya, akan membawa pengaruh positif pada kualitas ban vespa matic milik Anda.

Melaju dengan Kecepatan Stabil

Mengendarai vespa matic dengan kecepatan stabil berarti meminimalisir kaki-kaki kendaraan menjadi cepat aus. Dan, kondisi ini berlaku keras apabila medan perjalanan Anda berlubang-lubang.

Hindari sering menghantam lubang dengan kecepatan tinggi jika tak mau as roda menjadi bengkok, sehingga mengakibatkan laju riding menjadi tidak nyaman.

Bagaimana, ternyata cara merawat vespa matic mudah sekali bukan? Bila sudah tahu, apakah masih akan mengabaikannya? Jangan lupa untuk membersihkan bodi vespa secara rutin, ya! Terlebih ketika musim hujan. Pasti tak mau bukan jika nantinya berpotensi menimbulkan korosi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *