MobilMotorTutorial

Begini Cara Memperbaiki Aki Kering Tanpa ke Bengkel

135
×

Begini Cara Memperbaiki Aki Kering Tanpa ke Bengkel

Share this article

Cara memperbaiki aki kering dapat Anda lakukan dengan proses yang cukup simpel. Penggantian aki merupakan proses yang harus dilakukan jika Anda memiliki kendaraan, baik motor atau mobil. Aki komponen yang penting dalam kendaraan.

Tanpa aki yang sehat komponen lain akan terpengaruh. Apalagi komponen mobil membutuhkan aliran listrik. Karena itu, penting untuk Anda mengetahui cara memperbaiki aki agar bisa digunakan dengan baik.

Begini Cara Memperbaiki Aki Kering Tanpa ke Bengkel

Beginilah Cara Memperbaiki Aki Kering

Dalam dunia otomotif aki sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu aki kering dan aki basah. Aki kering cairannya lebih padat hampir berbentuk seperti gel. Sedangkan aki basah, lebih encer seperti air pada umumnya.

Jika salah satu dari aki tersebut habis, maka kemungkinan besar mobil akan mengalami masalah. Karena itu, jangan sampai aki mobil Anda rusak. Berhubungan dengan hal tersebut kami akan memberikan cara memberikan aki kering untuk Anda.

Sehingga Anda bisa lebih mengutamakan kesehatan aki mobil. Aki kering sering mengalami masalah seperti soak dan mati. Untuk mengatasinya Anda tidak perlu ke bengkel, cukup ikuti cara yang akan kami berikan ini.

Alat dn Bahan untuk Memperbaiki Aki

Cara memperbaiki aki kering pertama dengan mempersiapkan alat dan bahanya. Ada beberapa alat dan bahan penting yang perlu dipersiapkan sebelum mengganti aki. Anda perlu menggunakan obeng minus, cairan isi ulang aki kering, kain lap, alat suntik, dan lem plastik atau selotip.

Melepas Aki yang Diperbaiki

Akan sulit memperbaiki aki di dalam mesin mobil, karena itu, lebih baik dicopot terlebih dahulu. Namun, proses pencopotan ini harus hati-hati, karena bisa saja aki mengeluarkan percikan api yang bisa mengakibatkan kebakaran pada mesin mobil.

Bersihkan Bagian Luar Aki

Jika sudah lepas maka bersihkan, pasti ada debu dan kotoran yang menempel pada aki. Anda dapat membersihkannya menggunakan kain lap hingga bersih.

Buka Penutup Aki dengan Hati Hati

Jika aki kering mati total, maka Anda perlu membuka penutup aki. Anda bisa menggunakan obeng minus yang telah disediakan dan arahkan pada tulisan “do not open”. Lakukan juga pada bagian samping dan belakang dengan hati hati agar kota aki tidak rusak.

Isi Aki

Cara memperbaiki aki kering berikutnya dengan mengisi aki dengan cairan khusus. Ketika penutup dibuka, Anda akan menemukan enam lubang yang digunakan sebagai tempat cairan Anda bisa mengisi menggunakan air aki (zuur) menggunakan alat suntik.

Isi hingga air kurang 1 cm di atas tutup lubang aki. Isi semua lubang menggunakan takaran yang sama. Jika sudah tutup dan rapatkan menggunakan selotip agar tidak akan celah udara. Air jangan sampai terkena kulit karena bisa berakibat buruk seperti iritasi.

Isi Ulang Daya Listrik

Air aki sudah diganti, setelahnya Anda isi daya listrik agar dapat digunakan lagi. Ada dua metode yang bisa Anda gunakan untuk mengisi daya listrik yaitu, pengecasan dan metode teknik jumper. Anda bebas menggunakan salah satu dari kedua metode ini.

Cara memperbaiki aki kering tersebut tentunya mudah untuk dipraktikkan. Agar Anda bisa menggunakan mobil dengan nyaman kembali, ingat untuk mengecek aki dan komponen lain setiap bulannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *