MobilTutorial

Beginilah Tata Cara Membersihkan Mesin Mobil dengan Tepat

96
×

Beginilah Tata Cara Membersihkan Mesin Mobil dengan Tepat

Share this article

Cara membersihkan mesin mobil ini tentunya wajib kamu perhatikan, supaya kinerja mesin tetap baik. Perlu kamu ketahui, mesin mobil yang jarang dibersihkan tentu akan memicu penumpukan kotoran yang menempel.

Apabila kotoran tersebut dibiarkan saja, tentu akan membuat mesin mobil kamu menjadi berkarat dan memicu masalah lainnya. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa cara untuk membersihkan mesin mobil tersebut.

Beginilah Tata Cara Membersihkan Mesin Mobil dengan Tepat

Tata Cara Membersihkan Mesin Mobil Dengan Benar

Membersihkan mesin mobil dengan rutin dan dilakukan secara tepat tentunya menjadi suatu kewajiban pemiliknya. Jikalau tidak bisa mengerjakan sendiri, kamu juga dapat meminta bantuan ke tempat pencucian mobil.

Untuk membersihkan mesin mobil ini sebenarnya bukanlah hal yang sulit. kamu juga tidak perlu sampai membongkar semua mesin yang ada di dalam mobil tersebut. Melainkan hanya dengan beberapa metode saja sudah dapat membersihkan mesin tersebut. 

Nah, berikut ini ada beberapa tata cara sederhana yang bisa kamu lakukan.

1. Cari Tempat yang Teduh Saat Membersihkan Mesin Mobil

Sebaiknya, ketika hendak mencuci mesin mobil, kamu perlu mencari tempat yang teduh dan tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sebab, ada beberapa rangka mesin mobil yang terbuat dari karet serta plastik. Jika perangkat tersebut terkena paparan sinar matahari serta air secara bersamaan, kemungkinan akan membuatnya menjadi rapuh.

2. Pastikan Mesin Mobil Tidak Dalam Kondisi Panas

Jika mesin mobil panas, tentunya kita juga tidak akan menyentuhnya ketika akan membersihkannya. Selain itu, mesin mobil yang masih panas, biasanya masih menyisakan aliran listrik. Maka dari itu, ketika hendak membersihkan mesin mobil, kamu perlu memastikan dalam kondisi yang sudah dingin.

3. Bersihkan Kotoran Ringan yang Menempel

Cara membersihkan mesin mobil berikutnya yaitu dengan melakukan pembersihan debu-debu yang menempel pada permukaan mesin. Kamu dapat menggunakan kuas, atau alat lainnya. Pastikan juga sela-sela pada mesin tersebut juga kamu bersihkan.

4. Gosok Bagian Permukaan Mesin Mobil Dengan Cairan Pembersih

Setelah debu-debu yang tadinya sudah kamu kurangi, langkah berikutnya kamu juga perlu mencuci bagian permukaan mesin mobil menggunakan cairan pembersih. Kamu juga perlu membersihkan bagian bawah kap mesin juga.

Lalu, untuk bagian yang sulit dijangkau, kamu dapat menggunakan steamer. Lalu jika terdapat kotoran yang membandel, gunakan degreaser untuk melunturkannya. Pastikan, kamu menggosok permukaan mesin-mesin mobil tersebut hingga kotorannya menghilang.

5. Bilas Dengan Air Bersih

Cara membersihkan mesin mobil berikutnya yaitu, kamu perlu membilas mesin yang sudah dicuci tersebut dengan air. Pastikan, semua bercak cairan pembersih yang menempel hilang semua beserta kotorannya. Lakukan secara bertahap supaya sisa cairan pembersih benar-benar hilang.

6. Keringkan Mesin Mobil

Jika dirasa semuanya sudah bersih, maka kamu perlu segera mengeringkan mesin mobil tersebut. Hal tersebut guna untuk mengantisipasi sisa air yang masih ada supaya tidak membuat mesin berkarat. Pada tahap ini, kamu dapat menggunakan lap microfiber atau lap chamois untuk mengeringkannya.

Jadi, itulah serangkaian tata cara membersihkan mesin mobil dengan tepat yang bisa kamu coba. dengan beberapa cara di atas, tentunya sangat mudah untuk dilakukan dari rumah. Sehingga, kamu tidak perlu setiap saat harus pergi ke tempat pencucian mobil. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *