MobilTutorial

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Harus Anda Ketahui

48
×

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Harus Anda Ketahui

Share this article

Penyebab mesin mobil cepat panas tentunya harus Anda ketahui agar bisa melakukan pencegahan dan penanganan yang tepat dan benar. Mesin mobil memang bisa mengalami kondisi cepat panas sehingga bisa mengakibatkan overheat. Bahkan kondisi tersebut bisa terjadi kapan saja tanpa disadari sebelumnya.

Mesin yang cepat panas ini juga bisa terjadi baik pada mobil baru maupun mobil bekas. Apalagi pada mobil lama yang tidak jelas bagaimana cara penggunaan sebelumnya. Padahal baik mobil lama maupun baru keadaannya akan tetap bagus jika pemiliknya rutin melakukan perawatan.

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Harus Anda Ketahui

Beberapa Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Harus Anda Ketahui

Sebagai pengendara yang baik, tentunya Anda harus mengetahui apa saja yang menyebabkan mesin mobil cepat panas. Sebab dengan begitu maka Anda bisa melakukan pencegahan atau penanganan yang tepat. Mesin juga bisa terhindar dari overheat yang tentunya merugikan.

Nah, ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan mesin cepat panas. Beberapa penyebab tersebut misalnya yaitu:

Thermostat Rusak

Thermostat merupakan komponen untuk mengukur suhu mesin yang bekerja sama dengan alat kerja radiator. Jika suhu rendah maka termostat bisa mengatur agar air tetap berada di dalam radiator. Saat suhu mesin panas maka thermostat akan mengatur supaya air radiator mengalir dan mendinginkan mesin.

Jika thermostat rusak maka kinerjanya juga akan sangat terganggu dan bisa menjadi penyebab mesin mobil cepat panas. Tidak akan ada lagi yang mengatur keluar masuknya air dari radiator ke mesin. Akibatnya yang terjadi yaitu mesin mobil menjadi lebih cepat panas.

Kualitas Oli Buruk

Penyebab kedua yaitu karena kualitas oli mesin yang buruk karena belum diganti padahal sudah waktunya. Hal tersebut karena oli bukan hanya berfungsi sebagai pelumas komponen mesin saja. Namun oli juga berfungsi sebagai pendingin sehingga mesin tidak sampai overheat.

Selang Radiator Bocor

Selang radiator yang mengalami kebocoran akan mengakibatkan air radiator cepat habis. Akibatnya air menjadi tidak bisa mendinginkan mesin mobil secara maksimal. Selang ini bisa bocor sebab sambungan tidak kencang maupun penempatannya yang kurang pas.

Menggunakan Cairan Radiator yang Salah

Penyebab penyebab mesin mobil cepat panas selanjutnya yaitu karena menggunakan cairan radiator yang salah. Misalnya yaitu menggunakan air biasa yang bisa mengandung kotoran sehingga malah bisa menyumbat saluran radiator. Karena ini pastikan untuk menggunakan cairan yang tepat dan mengandung coolant.

Kerusakan Water Pump

Water pump merupakan komponen radiator yang berfungsi sebagai pompa air sehingga sirkulasinya berjalan baik. Saat komponen ini rusak maka bisa menyebabkan mesin mobil menjadi lebih cepat panas. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Itulah beberapa penyebab mesin mobil cepat panas yang perlu Anda ketahui. Untuk mencegah terjadinya masalah ini, tentunya Anda harus rutin mengecek dan merawat komponen mesin mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *