MotorTutorial

Penyebab Motor Mati Mendadak yang Sering Terjadi dan Solusinya

69
×

Penyebab Motor Mati Mendadak yang Sering Terjadi dan Solusinya

Share this article

Penyebab Motor Mati Mendadak yang Sering Terjadi dan Solusinya – Penyebab motor mati mendadak tentunya perlu Anda ketahui agar bisa melakukan penanganan yang tepat sehingga motor bisa hidup kembali. Motor mati mendadak tentunya menjadi masalah yang cukup sering terjadi. Saat mengalaminya tentu Anda akan merasa kebingungan dan panik, apalagi jika motor tak kunjung menyala.

Hal tersebut bisa semakin menyebalkan saat motor mati di tengah perjalanan dan Anda tidak bisa memperbaikinya. Akibatnya Anda harus mendorong motor ke bengkel maupun ke tempat tujuan. Akhirnya Anda jadi perlu mengeluarkan tenaga ekstra, apalagi jika jarak ke bengkel jauh.

Penyebab Motor Mati Mendadak yang Sering Terjadi dan Solusinya

Penyebab Motor Mati Mendadak dan Solusinya

Setiap masalah pada sepeda motor tentunya memiliki berbagai penyebabnya tersendiri. Begitu pula dengan masalah motor yang mati secara mendadak ini. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan motor mati mendadak serta cara mengatasinya.

Kehabisan Bensin

Penyebab pertama yang cukup sederhana yaitu karena sepeda motor kehabisan bensin. Pasalnya tanpa bahan bakar pastinya kendaraan tidak akan bisa berjalan. Karena itu Anda harus segera mengisi bensin agar motor bisa kembali menyala.

Ventilasi Tangki Tertutup

Ventilasi tangki atau lubang kecil yang berada di tutup tangki jika tersumbat ternyata bisa mengakibatkan motor mati. Sebab saat ventilasi tertutup maka sirkulasi udara menjadi tidak lancar, akibatnya bensin tertahan dan tidak bisa mengalir ke karburator. Untuk mengatasinya Anda bisa membersihkan lubang ventilasi tersebut.

Filter Udara yang Kotor

Filter udara diperlukan untuk pembakaran yang sempurna karena berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran. Saat filter kotor dan menumpuk maka bisa menjadi penyebab motor mati mendadak. Untuk mengatasinya tentu Anda harus membersihkan filter udara ini.

Klep Tidak Tepat

Pemasangan klep yang tidak tepat misalnya terlalu rapat bisa menyebabkan mesin motor mati mendadak. Sebab tidak ada celah sehingga mesin menjadi lebih cepat panas kemudian terjadi overheat. Karena itu Anda harus memastikan klep terpasang dengan benar.

Busi Kotor

Busi yang kotor bisa menyebabkan motor brebet hingga akhirnya mati. Anda bisa mencoba mendekatkan busi pada blok mesin dan nyalakan kick starter. Jika busi memercikkan api biru maka tidak ada masalah, namun jika apinya merah maka berarti busi bermasalah dan harus diganti.

Kabel Busi Mengalami Masalah

Kabel busi yang bermasalah bisa mengakibatkan tidak bisa menghasilkan percikan listrik. Akhirnya busi tidak mau menyala, sehingga proses pembakaran pun tidak akan terjadi. Karena itu motor bisa mati dan tidak menyala. Anda pun harus segera mencari tahu kerusakan kabel busi dan memperbaikinya.

Itulah beberapa penyebab motor mati mendadak yang sering terjadi dan solusinya yang bisa Anda ketahui. Untuk mencegah terjadinya masalah ini tentunya Anda harus melakukan perawatan motor secara berkala. Jangan lupa juga mengisi bensin sebelum benar-benar habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *