MotorTutorial

Cara Mengatasi Motor Ngebul, Anti Gagal Meski Tanpa Bongkar Mesin

201
×

Cara Mengatasi Motor Ngebul, Anti Gagal Meski Tanpa Bongkar Mesin

Share this article

Cara Mengatasi Motor Ngebul, Anti Gagal Meski Tanpa Bongkar Mesin. Cara mengatasi motor ngebul tidak boleh asal-asalan. Sebelumnya, Anda harus tahu akar permasalahannya. Tujuannya supaya tidak salah mengambil tindakan.

Cara Mengatasi Motor Ngebul, Anti Gagal Meski Tanpa Bongkar Mesin

5 Penyebab Umum dan Cara Mengatasi Motor Ngebul

Ketika ada asap keluar dari knalpot, pertanda motor milik Anda sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja. Setting ulang ECU memang cara terbaik jika asap ngebul kendaraan berwarna hitam.

Lantas, bagaimana cara mengatasi asap motor putih? Begini penjelasan selengkapnya.

Batang Katup Rusak atau Bengkok

Posisi batang katup harus sebagaimana mestinya, yakni lurus sempurna sehingga mampu menghubungkan klep dan cam dengan baik. Jika komponen tersebut rusak atau bentuknya bengkok akan menciptakan celah sehingga membuat aliran oli justru mengalir menuju ruang pembakaran.

Jika sudah demikian, jangan kaget apabila tiba-tiba knalpot mengeluarkan asap putih.

Cara mengatasinya adalah mengganti batang katup dengan yang baru. Coba lakukan pengecekan lebih seksama. Siapa tahu bisa mengganti klepnya saja.

Seal Katup Mengeras

Seal katup yang kondisinya rusak akan membuat akses jalan udara menuju ruang mesin mengalami kendala. Terlebih jika seal katup mengalami kebocoran.

Cara mengatasi motor ngebul karena seal klep mengeras atau bocor adalah mengganti seal katup dengan yang baru. Percayakan pada bengkel terdekat.

Lama Tak Mengganti Oli Motor

Tidak mengganti oli dalam jangka waktu lama juga menjadi penyebab knalpot ngebul putih. Hal ini karena oli menjadi encer sehingga membuatnya masuk ke ruang pembakaran kemudian menyatu dengan bensin.

Cara atasi motor ngebul akibat waktu pemakaiannya terlalu lama adalah segera mengganti oli dengan yang baru. Namun, tak boleh sembarangan pelumas.

Pilih oli dengan tingkat keenceran yang sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pihak SAE. Pathokan melakukan penggantian oli adalah seberapa sering menggunakan motor. Terlalu lama tidak mengganti oli juga menyebabkan mesin cepat panas.

Rutin Cek Ring Piston

Ketika ring piston aus, membuat oli bebas masuk ke ruang pembakaran. Bila sudah demikian, motor akan mengeluarkan asap ketika Anda nyalakan.

Bila kerusakan berasal dari ring piston, maka cara mengatasi agar motor tidak ngebul lagi adalah mengganti satu set ring piston. Mengingat harga satu set ring piston cukup mahal, sebaiknya lakukan pengecekan secara berkala.

Penyebab umum ring piston aus adalah terkena aliran oli. Lakukan penggantian jika sudah mencapai jarak tempuh sekitar 50.000 km.

Kerusakan Silinder Mesin atau Liner Mesin

Cara mudah atasi motor ngebul karena liner mesin rusak adalah melakukan bore up. Pastikan Anda menggunakan jasa bengkel atau jasa montir terpercaya.

Pada dasarnya, cara mengatasi motor ngebul adalah rutin mengecek kondisi setiap komponennya. Hal terpentingnya adalah perhatikan lama penggunaan oli mengingat sebagian besar penyebab motor ngebul karena lama tidak menggantinya.

Demikian cara mengatasi motor ngebul, anti gagal meski tanpa bongkar mesin ini, semoga menambah pengetahuan untuk anda tetang otomotif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *