Mobil

Bagian Bagian Mesin Diesel Mobil Beserta Fungsinya

154
×

Bagian Bagian Mesin Diesel Mobil Beserta Fungsinya

Share this article

Bagian Bagian Mesin Diesel Mobil Beserta Fungsinya. Bagian bagian mesin diesel mungkin masih jarang diketahui oleh masyarakat umum. Karena itu, kali ini kita akan membahas apa saja bagiannya. Dulu mesin diesel mungkin hanya digunakan untuk kendaraan besar seperti bus atau truk. Namun kini sudah ada beberapa mobil yang menggunakan mesin diesel.

Bagian Bagian Mesin Diesel Mobil Beserta Fungsinya

Misalnya yaitu pada mobil Toyota Kijang Innova dan juga Toyota Fortuner. Bahkan untuk unit mobil yang bermesin diesel merupakan tipe tertinggi baik pada varian Innova maupun Fortuner. Karena itu tak ada salahnya jika kita mengenal komponen apa saja yang ada dalam mesin diesel ini.

Bagian Bagian Mesin Diesel yang Perlu Anda Ketahui

Mesin diesel yang terdapat pada kendaraan tentunya memiliki berbagai komponen. Setiap komponen tersebut tentunya juga memiliki  berbagai peran masing-masing. Nah, berikut ini adalah beberapa komponen mesin diesel yang perlu Anda ketahui.

Glow Plug

Mesin diesel tidak memiliki busi, maka sebagai gantinya mesin ini menggunakan busi pijar atau glow plug. Fungsinya yaitu untuk memanaskan udara di dalam ruang bakar. Sehingga mesin bisa mencapai temperatur yang ideal untuk membakar solar dan udara yang kemudian diubah menjadi tenaga.

Oil Pan

Oil pan memiliki fungsi untuk menampung oli. Biasanya komponen ini terbuat dari bahan material besi yang kuat sebab fungsinya yang juga sangat penting.

Flywheel

Komponen ini memiliki fungsi untuk menyeimbangkan putaran mesin. Sebab flywheel bisa menyimpan torsi. Selain itu, fungsi lainnya yaitu untuk membantu menyalakan mesin dengan adanya mata gigi yang banyak di bagian luarnya.

Fuel System

Bagian bagian mesin diesel ini terdiri atas tangki dan injektor. Fungsi dari bagian ini yaitu untuk memberikan suplai bahan bakar solar ke ruang bakar. Umumnya terdapat dua jenis sistem bahan bakar mesin diesel. Pertama konvensional dan kedua common rail.

Crankshaft

Crankshaft juga lebih dikenal dengan sebutan poros engkol. Bagian ini berfungsi untuk mengubah gerak naik turun piston menjadi gerakan putar. Di dalamnya juga terdapat berbagai komponen pendukung seperti weight balance, crank pin, dan crank journal.

Cylinder Head

Selanjutnya terdapat cylinder head yang biasanya terbuat dari besi maupun aluminium. Fungsi utamanya yaitu sebagai tempat pembakaran mesin.

Piston

Komponen ini berfungsi sebagai pengatur volume di dalam silinder agar kinerja mesin bisa berjalan sebagaimana seharusnya. Lalu ada pula komponen bernama connecting road yang berfungsi untuk meneruskan gerak naik turun piston ke bagian flywheel.

Timing Chain

Bagian ini berfungsi untuk menghubungkan putaran dari engkol dan camshaft dengan sudut tertentu. Bentuknya seperti rantai yang berposisi di bagian depan mesin.

Itulah berbagai bagian bagian mesin diesel mobil beserta fungsinya pada kendaraan yang perlu Anda ketahui. Semoga pembahasan ini bisa menambah wawasan otomotif kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *