MotorTutorial

Cara Merawat Motor Matic dengan Baik dan Tepat, Performa Selalu Terjaga

114
×

Cara Merawat Motor Matic dengan Baik dan Tepat, Performa Selalu Terjaga

Share this article

Motor matic merupakan salah satu jenis kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dalam perawatannya, motor matic memiliki cara khusus karena sebagian besar sudah menggunakan teknologi injeksi. Bagi Anda pemilik sekaligus pengguna motor matic tetapi belum tahu cara perawatannya, tak perlu risau. Artikel kali ini akan mengulas tentang cara merawat motor matic secara tepat.

Cara Merawat Motor Matic dengan Baik dan Tepat, Performa Selalu Terjaga

4 Cara Merawat Motor Matic

Merawat motor matic secara rutin dan berkala, tentunya memberikan banyak dampak positif. Selain membuatnya selalu tampak baru, performanya juga tetap terjaga dengan baik. Sehingga, Anda bisa setiap mengendarainya dengan nyaman. Untuk itulah, berikut ini beberapa cara mudah merawat matic.

  1. Panaskan Motor Matic Sebelum Menggunakannya

Cara pertama kali yang mesti Anda lakukan yakni selalu memanaskan motor matic tersebut sebelum menggunakannya. Hal ini bertujuan supaya performa mesin tetap prima.

Dengan dipanaskan, maka oli motor akan melumasi bagian dalam secara sempurna. Sehingga, mesin motor akan terhindar dari kerusakan.

Anda bisa memanaskannya saat pagi hari sebelum menggunakannya. Tak perlu berlama-lama, cukup 5-10 menit saja.

  1. Penggantian Oli Secara Rutin

Cara merawat motor matic yang tak kalah penting yakni melakukan penggantian oli secara rutin. Oli memiliki fungsi sebagai pelumas untuk menghindari terjadinya gesekan antara suku cadangnya.

Selain itu, oli juga berfungsi untuk mencegah terjadinya oksidasi pada komponen mesin yang bisa menyebabkan karat. Mengingat fungsi oli yang sangat penting, pastikan penggantian oli Anda lakukan secara terjadwal.

Umumnya, penggantian oli dilakukan setiap jarak tempuh sudah mencapai 2.000 km. Atau, Anda juga bisa melakukan penggantian oli setiap dua bulan sekali. Jangan lupa pula untuk memilih oli yang sesuai dengan mesin motor matic Anda.

  1. Servis Secara Berkala

Perawatan motor matic yang tidak boleh Anda lewatkan yakni melakukan servis secara berkala. Tujuan dari service ini untuk memastikan motor dalam kondisi baik dan selalu prima.

Biasanya, service akan dilakukan dengan pengecekan secara menyeluruh pada bagian dan komponen motor. Seperti pengecekan aki dan busi, pengecekan kondisi vant belt dan roller motor, pengecekan bagian shockbreaker, hingga pemeriksaan tekanan udara ban.

Melalui pengecekan secara menyeluruh inilah, Anda bisa mengetahui komponen atau bagian motor yang mengalami kerusakan. Setelah itu, Anda bisa melakukan perbaikan segera.

  1. Rutin Mencuci Motor Matic

Mencuci motor matic secara rutin juga menjadi salah satu cara merawat motor yang perlu Anda perhatikan. Pasalnya, mencuci motor tidak hanya menjaga penampilan motor yang bersih dan terawat saja.

Akan tetapi dapat menghindari kerusakan pada mesin, mencegah karat pada komponen motor, hingga menjaga nilai jualnya. Maka dari itulah, pastikan motor Anda cuci secara rutin, setidaknya satu minggu sekali.

Itulah tadi beberapa cara merawat motor matic yang bisa Anda lakukan. Selain melakukannya sendiri, pastikan untuk menggunakan jasa bengkel terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *