MobilTutorial

Penggantian Air Radiator Pada Toyota Avanza Dengan Baik Dan Benar

182
×

Penggantian Air Radiator Pada Toyota Avanza Dengan Baik Dan Benar

Share this article

Berikut cara penggantian air radiator pada Toyota Avanza bisa dilakukan sendiri dirumah tidak perlu membawanya ke bengkel .

Seperti kita ketahui sistem pendingin pada kendaraan mobil adalah salah satu item yang dilakukan pemeriksaan secara berkala, bahkan teman-teman pun juga perlu pemeriksaan kecukupan dari air pendingin sebebelum melakukan perjalanan agar kendaraan teman-teman tetap selalu dalam keadaan optimal.

Pada kesempatan kali ini kita akan melakukan cara penggantian air radiator pada kendaraan Toyota Avanza dengan baik dan benar.

Jika kita merujuk kepada buku pedoman service kendaraan Toyota Avanza.  maka, jadwal penggantian air radiator dapat dilakukan setiap menepuh 80.000 kilometer.

Nah, pada cairan pendingin sendiri harus memiliki dua sifat yaitu sifat yang pertama tahan terhadap panas atau titik didihnya yang tinggi, kemudian yang kedua tidak mudah berkarat pada part sistem pendingin. Sehingga Ketika cairan pendingin ini bersirkulasi didalam mesin tidak mudah panas atau tidak akan menguap Ketika dalam temperatur yang tinggi dan tidak menimbul karat atau korosi pada komponen mesin.

Cairan pendingin yang direkomendasikan oleh Toyota yaitu cairan pendingin TMO Chemical Radiator Coolant.

Sebelum melakukan penggantian air pendingin radiator kita perlu ketahui dahulu komponen-komponen dari sistem pendingin mobil Toyota Avanza.

Yang pertama ada tutup radiator dan komponen radiator yang berfungsi untuk mendinginkan air pendingin yang melewati komponen radiator ini.

Yang kedua ada reservoir atau tangki cadangan yang berfungsi untuk menyimpan air pendingin cadangan.  dimana kita ingin memeriksa kecukupan air radiator,  bisa kita lihat  dibagian reservoir ini terdapat dua batas garis upper untuk batas tertinggi  dan lower untuk batas terendah cairan pendingin. Jika cairan pendingin dibawah batas lower maka, cairan pendingin harus ditambah sampai batas garis upper.

Yang ketiga ada air bleeder atau baud pembuangan udara yang berfungsi untuk membuang udara yang terjebak didalam sistem pendingin. Jika udara ini tidak dibuang didalam sistem maka akan menyebabkan gelembung udara dan menyebabkan panas yang berlebihan pada mesin tersebut atau overheat.

Untuk pembuangan cairan pendingin berada pada bagian bawah radiator atau bagian sisi kiri jika kita menghadap pada mesin. Nah, kita akan melakukan pembuangan air radiator dilakukan pada bagian bawah dari kendaraan.

Langkah Penggatian Air Radiator Pada Toyota Avanza

  • Buka dek nya terlebih dahulu dan untuk membuka klipnya bisa menggunkan obeng min dengan cara mencongkelnya.
  • Kemudian lepaskan drain bolt atau baud pembungan radiator berlawanan arah jarum jam dan tampung cairan radiator menggunakan wadah.
  • Setelah air radiator terkuras seluruhnya kemudian pasangkan Kembali dan putar baud pembuangan radiatornya searah jarum jam cukup dengan tangan saja dan pastikan O ringnya terpasang dengan baik.
  • Kemudian pasang Kembali deknya atau cover bagian bawah radiator.
  • Buka tutup pengisian radiator-nya
  • Buka atau lepaskan baud pembuangan udara atau air bleeder-nya.
  • Lakukan pengisian radiator menggunakan cairan pendingin radiator sampai leher saluran pengisian air radiator sambil melihat udara terbuang atau keluar dari air bleeder.
  • Pasang kembali baud air bleeder-nya lalu kencangkan.
  • Kemudian tutup Kembali radiator-nya
  • Hidupkan mesin dan biarkan hidup dengan putaran idle atau langsam.
  • Pastikan indikator temperatur tidak menyala berarti menandakan bahwa proses penggatian cairan pendingin sudah selesai
  • Tambahkan cairan pendingin radiator pada reservoir atau tangkai cadangan sampai batas upper.

 

Itulah proses penggantian air radiator pada mobil Toyota Avanza, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *