MotorTutorial

Penyebab Motor Beat Injeksi Tiba-Tiba Mati Mendadak

422
×

Penyebab Motor Beat Injeksi Tiba-Tiba Mati Mendadak

Share this article
Penyebab Motor Beat Injeksi Tiba-Tiba Mati Mendadak
Service Honda Beat

Penyebab Motor Beat Injeksi Tiba-Tiba Mati Mendadak. Mungkin anda pernah mengalami  motor beat injeksi anda tiba-tiba mati mendadak, kemudian tunggu beberapa detik motor distarter atau diengkol hidup lagi.

Atau motor pada saat dingin dalam keadaan normal tetapi setelah menempuh jarak beberapa kilo meter atau suhu mesin mulai panas tiba-tiba motor mati lagi,

Anda tidak perlu khawatir, karena ini adalah hal yang biasa masalah sepeda motor yang sering terjadi dan anda bisa memeriksanya sendiri dengan mengikuti panduan berikut ini.

Inilah Penyebab Motor Beat Injeksi yang Tiba-Tiba Mesin Mati

Berbagi pengalaman saya sebagai mekanik,  beberapa penyebab motor beat Fi tiba-tiba sering mati mendadak. Sebelum anda memeriksa komponen injkesi dibawah ini. Pastikan bensin penuh, tidak ada air didalam tengki dan pastikan soket kabel pada system injeksi tidak berkarat serta berfungsi dengan baik.

  1. Busi Lemah

Sparkplag atau busi berfungsi untuk memercikan bunga api didalam ruang bakar, agar campuran bahan bakar dan udara dapat tebakar sempurna sehingga akan menghasilkan tenaga motor. Tetapi,  busi ini sewaktu-waktu bisa melemah sehingga busi tidak bisa memercikan api didalam ruang  bakar sehingga akan mengakibatkan motor mati mendadak.

  1. Tutup Busi Sudah Lemah

Didalam tutup busi terdapat sebuah resistor yang berfungsi untuk meredam radiasi tegangan besar yang dihasilakn oleh koil. Tetapi seiring pemakain yang cukup lama tutup busi ini akan melemah, sehingga tegangan yang dihasilkan oleh koil tidak bisa diteruskan kebusi sehingga menyebabkan motor mati.

  1. Injector Tersumbat

Didalam injector terdapat sebuah lubang yang sangat kecil. Yang berfungsi untuk menyemprotkan atau mengkabutkan bahan bakar yang masuk kedalan intake manifold. Tetapi, lubang ini jika tida sering dibersihkan atau sudah lama pemakain maka, akan tersumbat oleh kotoran yang mengakinbatkan bahan bakar tersumbat.

  1. Fuel Pump Mati

Kendala yang paling sering didalam system injeksi adalah lemahnya tekanan atau fuelpump mati sehingga bahan bakar tidak bisa di alirkan ke injector dan akan menyebabkan motor mati

  1. Filter Fuel Pump Terlalu Kotor

Jika terlalu lama saringan fuelpump tidak dibersihkan maka kasa atau kain saringan akan kotor  yang akan menyebabkan  tersumbatnya aliran bensin sehingga motor akan mati.

  1. Sensor TP Rusak

Sensor ini umumnya berada di bawah bagasi jok motor atau tepatnya diujung skep gas, jika sensor ini mengalami kerukan maka motor akan mengalami brebet , tidak bisa digas baik putaran bawah ,tengah maupun atas bahkan lebih parahnya motor mati.

  1. Switch Tandar Samping Rusak

Komponen ini  berfungsi untuk mematikan mesin atau system  injeksi ketika standar samping di bawah. Kerusakan komponen ini kebanyakan  menyebabkan motor beret dan mati.

Solusi masalah pada komponen diatas adalah dengan cara di ganti dengan komponen yang masih bagus atau baru.

Artikel diatas beberapa penyebab mator beat injeksi saat berjalan  tiba-tiba mesin mati. Mungkin ini bisa dijadikan panduan  ketika memperbaiki sepeda motor anda sedang ada masalah yang serupa.