Motor

Tidak Semua Skutik Honda Menggunakan Rangka eSAF, Simak Daftar Selengkapnya

2194
×

Tidak Semua Skutik Honda Menggunakan Rangka eSAF, Simak Daftar Selengkapnya

Share this article
Tidak Semua Skutik Honda Menggunakan Rangka eSAF, Simak Daftar Selengkapnya
#otomotifedukasi.com

Belakangan ini, perhatian terhadap rangka skuter matik (skutik) buatan Honda semakin meningkat. Keluhan mengenai kerusakan rangka jenis eSAF pada sebagian skutik Honda membuat banyak orang resah. Ada yang mengeluhkan karat, keropos, bahkan patah. Namun, yang perlu diingat, tidak semua skutik Honda di pasaran Indonesia menggunakan rangka eSAF ini.

Inilah daftar Skutik Honda yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Rangka eSAF

Konsep rangka eSAF, singkatan dari Enhanced Smart Architecture Frame, pertama kali diperkenalkan di Indonesia melalui Honda Genio. Saat Honda Genio tiba pertama kali pada tahun 2019, PT Astra Honda Motor (AHM) menganut penggunaan rangka eSAF. Perbedaan utama antara rangka eSAF dengan rangka skutik Honda sebelumnya terletak pada materialnya.

Secara umum, hampir semua motor skutik Honda mengadopsi konstruksi rangka underbone yang serupa. Bahkan skutik Honda yang menggunakan rangka eSAF tetap mengikuti konstruksi rangka underbone ini. Satu-satunya pengecualian adalah Honda PCX 160 dan Honda ADV 160 yang memilih konstruksi double cradle.

Apa yang membuat rangka eSAF berbeda adalah bahan yang digunakan. Rangka eSAF menggunakan pelat baja yang kemudian ditekan dan dilas dengan mesin las laser khusus yang diklaim dapat mengurangi deformasi. Sementara rangka motor skutik Honda lainnya biasanya terbuat dari pipa besi yang dipotong.

Untuk saat ini, hanya ada lima model skutik Honda yang mengusung rangka eSAF. Ini mencakup Honda Genio, Honda BeAT, Honda Scoopy, dan Honda Vario 160. Sementara itu, model lainnya masih setia dengan rangka pipa besi.

Berikut ini adalah daftar skutik Honda yang masih menggunakan rangka pipa besi, bukan eSAF:

  1. Honda Vario 125 (rangka underbone)
  2. Honda PCX 160 (rangka double cradle)
  3. Honda ADV 160 (rangka double cradle)
  4. Honda Forza 250 (rangka underbone)

Di sisi lain, berikut adalah daftar skutik Honda yang sudah beralih menggunakan rangka eSAF:

  1. Honda Genio: Mulai dari tahun 2019 (rangka eSAF underbone)
  2. Honda BeAT dan BeAT Street: Mulai dari tahun 2020 (rangka eSAF underbone)
  3. Honda Scoopy: Mulai dari tahun 2020 (rangka eSAF underbone)
  4. Honda Vario 160: Mulai dari tahun 2022 (rangka eSAF underbone)

Jadi, bagi Anda yang sedang mencari skutik Honda dengan rangka yang berbeda, sekarang Anda tahu daftarnya. Selamat memilih skutik yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *