MotorTutorial

Membayar Pajak Motor dengan Lebih Mudah

365
×

Membayar Pajak Motor dengan Lebih Mudah

Share this article
Membayar Pajak Motor
otomotifedukasi.com

Apakah kendaraan bermotor Andalanmu tengah berkejaran dengan masa pembayaran pajak yang semakin dekat? Jangan sampai terlambat! Kini, membayar pajak motor secara online jadi solusi praktis yang patut kamu coba. Tapi, bagaimana sebenarnya langkah-langkahnya? Dan tak kalah menarik, apa saja pilihan baru yang bisa kamu eksplor?

Tiga Pilihan Membayar Pajak Motor dengan Mudah

Menjelajahi opsi pembayaran yang lebih modern penting untuk diperhatikan bahwa ada tiga pilihan menakjubkan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu:

1. Datang Langsung ke Kantor Samsat

Kamu bisa datang langsung ke tempat yang tak asing lagi, kantor Samsat. Tapi tenang saja, metode ini telah diperbarui demi kenyamananmu. Inilah panduannya:

    • Isi formulir sesuai dengan data dari STNK dan BPKB. Formulir bisa kamu peroleh di loket pendaftaran Samsat, lalu isi dengan data cepat yang dibutuhkan.
    • Sertakan dokumen persyaratan yang diperlukan.
    • Setelah semuanya lengkap, serahkan permohonan perpanjangan STNK pajak di loket penyerahan berkas.
    • Sambil menunggu giliran, bersiaplah untuk dihubungi oleh petugas sesuai data di STNK, kemudian meluncurlah menuju loket yang dimaksud.
    • Ketika kamu mendapatkan lembaran pembayaran pajak, jangan kaget dengan jumlah yang tertera. Itulah yang perlu kamu bayarkan.
    • Ajukan biaya yang diminta di kasir, dan pastikan slip pembayaran tidak hilang.
    • Jangan buru-buru pulang, kamu akan menerima bukti pelunasan pembayaran yang akan kamu berikan di loket pengambilan STNK.
    • Sabarlah sejenak sampai namamu dipanggil, dan ambil STNK-nya

Sederhana bukan? Dengan prosedur ini, STNK-mu siap menemani aktivitasmu selama setahun. Tetapi, jika kamu memerlukan perpanjangan hingga lima tahun, tak lupa bawalah bukti pembayaran pajak STNK ke loket pengambilan TNKB untuk mendapatkan plat nomor terbaru..

2. Mudah Lewat Aplikasi

Pilihan kedua ini cocok buat mereka yang menyukai kemudahan dari genggaman tangan atau handphone. SIGNAL, aplikasi inovatif dari Samsat Digital Nasional, menjadi teman setia dalam urusan membayar pajak motor. Sebelum memulai, simak langkah berikut:

  • Daftarkan diri dengan mengisi informasi NIK, nama sesuai KTP, email, nomor ponsel, kata sandi, serta konfirmasi kata sandi. Oh ya, jangan lupa untuk mengunggah foto KTP dan verifikasi wajah menggunakan biometrik.
  • Terima kode OTP yang akan diirim ke ponselmu, lalu masukkan ke dalam aplikasi SIGNAL. Dengan sukses mendaftar, gunakan email yang tadi terdaftar untuk masuk ke aplikasi.
  • Jangan lupa, daftarkan kendaraanmu dengan langkah-langkah berikut:
    1. Klik ikon “Tambah Kendaraan Berm0tor” di aplikasi SIGNAL.
    2. Masukkan nomor registrasi kendaraanmu.
    3. Isilah 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan.
    4. Tambahkan dan lanjutkan. Kendaraanmu sudah tercatat dalam sistem!

Dan sekarang, saatnya menikmati pajak motor secara online:

  • Di dalam aplikasi SIGNAL, tekan “Notifikasi Lanjut Proses Pembayaran”.
  • Buat kode pembayaran dengan satu sentuhan, lalu pilih “Lanjut”.
  • Gunakan kode tersebut saat membayar melalui bank pilihanmu.
  • Selamat! Pembayaranmu telah berhasil dicatat.

3. Pilihan Luar Biasa di Indomaret dan Alfamart

Jika kamu menginginkan alternatif yang lebih menarik, kunjungi Indomaret atau Alfamart. Mereka tidak hanya menawarkan beragam barang kebutuhan, tetapi juga membuka peluang bagi Anda untuk membayar pajak motor dengan lebih nyaman. Begini caranya:

  • Bersiaplah dengan KTP, STNK asli, dan nomor ponsel yang aktif.
  • Pergilah ke Indomaret atau Alfamart, lalu beritahu kasir bahwa kamu akan membayar pajak motor.
  • Kasir akan meminta informasi seperti nomor polisi, nomor mesin kendaraan, dan nomor ponsel pemilik.
  • Isi informasi tersebut dan pelajari besaran pajak yang harus membantu.
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah pajak dan biaya admin yang tertera.
  • Ketika transaksi sukses, jangan lewatkan struk pembayaran serta SMS dari Polri yang membahas Electronic Registration and Identification (ERI).
  • Ikuti Bukti Tautan yang tersedia untuk menyimpan gambar sebagai Tanda Pelunasan Kewajiban Pembayaran Elektronik (e-TBPKP), jangan lupa simpan kode QR yang diberikan.
  • Bukti ini akan berguna saat kamu harus mengesahkan STNK motor. Selanjutnya, cetaklah dan sahkan di Polsek atau Polres setempat sesuai domisili kamu.

Setelah Pembayaran Pajak Online, Tetapkan Langkahmu Nah, setelah berhasil membayar pajak motor dengan mudah, apakah kamu masih perlu mengunjungi kantor Samsat? Kalau hanya perpanjangan STNK tahunan atau pengesahan STNK, kamu sebenarnya sudah bisa melakukannya secara online melalui aplikasi SIGNAL. Namun, jika ada perubahan STNK dan plat nomor yang kamu perlukan, pastikan untuk mampir ke Samsat.

Syarat-syarat Umum untuk Melakukan Pembayaran Pajak Kendaraan

Persiapkan Syaratnya dengan Teliti Sebelum kamu melangkah lebih jauh, pastikan kamu telah memenuhi syarat-syarat ini dengan cermat:

  • Siapkan STNK, BPKB, serta KTP asli dan fotokopinya.
  • Pastikan tidak ada tunggakan pajak selama lebih dari setahun.
  • Jika pembayaran dilakukan oleh pihak lain, pastikan Anda memiliki surat kuasa yang sah.

Jadi, jangan khawatir lagi! Saatnya kamu menghadapi kewajiban dengan semangat baru dan kemudahan yang tak terbatas.

Ingat, membayar pajak motor adalah langkah penting yang harus dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan. Dengan pilihan baru yang menarik dan kemudahan dalam genggamanmu, tidak ada lagi alasan untuk menunda pembayaran pajak motor. Apapun opsi yang kamu pilih, pastikan kamu telah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dan mengikuti langkah-langkah dengan cermat

Jadi, tidak perlu lagi merasa terbebani oleh urusan membayar pajak motor. Saat ini, kamu memiliki berbagai opsi yang nyaman dan modern untuk membantu kamu menjalani kewajiban ini dengan lebih mudah. Dengan melakukan pembayaran secara rutin, kamu tidak hanya menjamin legalitas kendaraanmu, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap pelayanan publik yang lebih baik. Semua ini adalah bagian dari langkah kecil yang memiliki dampak besar dalam menjaga kelancaran dan keamanan lalu lintas serta pelayanan administrasi di negara kita. Jadi, ayo segera lakukan pembayaran pajak motormu dengan cara yang paling cocok dan nikmati perjalanan tanpa beban!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *